top of page
  • Writer's pictureFajar Ryan Akhra

Realax App UX Process

Updated: Apr 29, 2021

Opening


Halo semua, kenalin aku Fajar Ryan Akhra. Aku adalah mahasiswa di Universitas Gadjah Mada dan juga seorang UI/UX Designer. Jadi, ini adalah post pertamaku setelah selesai merancang website ini untuk sharing pengetahuan dan pengalaman.


Pada kesempatan kali ini, aku mau sedikit cerita tentang UX Process yang pernah aku jalani saat aku mengikuti salah satu perlombaan. Nah, di lomba itu, aku dan timku mencoba merancang solusi berupa aplikasi bernama Realax. Sebuah aplikasi yang berguna untuk mengatasi kecanduan bermain HP yang terlalu lama untuk anak-anak.


Gambar 1. Aplikasi Realax


Metode


Jadi, pertama-tama tentunya aku memilih metodenya dulu buat mandu step-by-step yang harus aku tempuh dari awal sampai akhir. Metode yang aku pakai adalah metode Design Sprint oleh Google, terus dilengkapi dengan User-Centered Design yang dicetus oleh pakar UX bernama Donald Arthur Norman dalam karyanya berjudul The Psychology of Everyday Things. Kayak gini metodenya:


Gambar 2. Metode design sprint dari Google.


Oke, karena udah tau step-by-step dari si metode ini, jadi tinggal kita ikutin langkahnya satu satu. Ohiya, sekilas tentang metode ini, jadi metode ini tu dikembangkan oleh Google untuk menjawab permasalahan yang ada lewat produk yang mereka rancang secara berkelompok selama 5 hari dan tentunya ngelibatin diskusi yang sangat komprehensif.

“Design sprints are an intense 5-day process where user-centered teams tackle design problems. Working with expert insights, teams ideate, prototype and test solutions on selected users. Google’s design sprint is the framework to map out challenges, explore solutions, pick the best ones, create a prototype and test it.” - Interaction Design Foundation, 2018

Detail


Untuk bisa menceritakan UX processnya secara baik (karena agak panjang sih sebenarnya hehe), aku cantumin dalam bentuk presentasi aja ya, kalian bisa belajar juga dari sana buat yang minat UX. File presentasinya bisa kalian akses di sini


Penutup


Makasih semunaya. Semoga bermanfaat, bisa ngasih inspirasi, dan motivasi buat belajar UX kepada para pembaca juga. Thank you 🙌

11 views0 comments

Related Posts

See All
bottom of page